Trip to Purwokerto! (part 1)

Dimulai dari perdebatan akan naik apa ke Unsoed untuk psikotes dan tes kesehatan tanggal 24 Juli 2010. Aku maunya naik kereta. Bapak juga nyuruh naik Taksaka (kereta eksekutif). Mas pai juga sukanya naik kereta. Tapi ibu maunya aku sama mas pai (yang berangkat Cuma berdua karena bapak mau ke Tobelo, Sulawesi, dan ibu lagi sakit) naik travel. Jadi walhasil diteleponlah Diana Travel dan dijemput hari Kamis (22 Juli 2010) jam empat sore rencananya.

Kamis, 22 Juli 2010
Karena besoknya UTS, jadi aku ngga kuliah di IPB. Hari tenang ceritanya. Padahal ikut UTS aja nggak :p Jadi pagi-paginya packing baju-baju buat tiga hari di Purwokerto sambil nunggu Mas Pai pulang dari Depok. Sebelum Zuhur, Mas Pai udah dateng terus ibu pulang bantu masukin barang ke tas. Terus shalat Zuhur dilanjut makan siang. Makannya sengaja yang banyak. Takutnya stop untuk makan malemnya lama jadi ngga keburu laper. Abis makan siang, baru pada mandi terus berpakaian dan siap-siap nungguin travel dateng dari jam tiga sore. Kirain travelnya bakalan dateng lebih awal. Ternyata sampe bedug Ashar belom dateng juga. Ya udah, aku sama mas shalat ashar dulu.
Jam setengah lima sore, baru deh travelnya daten. Awalnya aku kaget juga liat mobil travelnya. Bener-bener Mitsubishi L300! Yang isinya banyak, giginya nempel di setir dan mesinnya di bawah kursi depan! Warnanya putih dan ada tulisan Diana Executive Class warna biru di sampingnya.
Aku sama mas kebagian duduk di depan samping supir karena Cuma berdua.. (kududuk samping pak supir yang sedang bekerja... halah..). Terus si aa supirnya (begitulah panggilan mas pada sang supir pertama itu) ngeluarin kertas daftar jemputan berikutnya. Nah, saat itu aku iseng-iseng ikutan ngeliat. Wah! Ternyata ada anak IPB juga yang ikut travel ini! Dijemputnya di asrama putri A3. Namanya Fani. Aku langsung mikir, wah.. kayanya ini maba (mahasiswa baru) IPB yang keterima FKIK Unsoed juga. Soalnya kalo bukan FKIK, ngga usah ikut psikotes segala. Jangan-jangan kedokteran? Wah wah wah! Seru juga tuh kalo sama-sama dapet kedokteran dan sama-sama meninggalkan IPB. Uuups.. >_<
Lanjut ke aa supir tadi (lho?!).. Dia nelpon jemputan terakhir. Yang maba IPB tadi udah dijemput, duduk paling belakang sama ibunya. Jemputan terakhir ini sekeluarga. Pas keluarga itu masuk mobil, aku sama mas tuker tempat. Yang tadinya aku tepat di samping supir, sekarang di samping pintu dan mas yang di deket supir. Setelah lengkap isinya, mobil travel melaju ke markas travelnya dulu, di daerah Indraprasta buat ngambil tiket perjalanan.
Di tengah perjalanan menuju indraprasta, anak dari keluarga yang dijemput terakhir tadi, muntah-muntah. Walah, kacau nih. Masih di Bogor aja udah muntah. Apalagi nyampe Purwokerto entar?! Mana lewat Selatan lagi! Jalannya pegunungan dan berliku-liku. Tapi mau gimana lagi.. terima aja deh.
Nyampe di markas travel, aku sama mas beli tiketnya dulu seharga 300000 berdua. Terus dapet tiketnya. Warna putih dengan tulisan yang WOW di namaku. Di pojok kanan atas, ada namaku dengan ejaan U-L-P-A-H. Aku cukup bangga karena yang nulis memberi huruf H di akhir namaku yang justru orang paling sering salah di situ. Kebanyakan orang nyangka namaku Cuma Ulfa. Padahal harusnya Ulfah. Ehm.. tapi yang membuatku sedikit menahan senyum ataupun tawa adalah huruf P yang khas Sunda. Yah, kalau kupikir-pikir lagi, ngga apa-apalah. Kali aja ini saat-saat terakhir namaku bisa dieja dengan khas Sunda begitu. Kan nanti dieja pake bahasa Jawa. Haha. Amiiin!



Enough with that outrageous ticket. Abis bayar, balik lagi ke mobil. Terus aa supir yang tadi ngasih dua box kue kecil plus minum dua botol. Then, ternyata eh ternyata, supirnya ganti! Si aa tadi udah berenti sampe di markas doang. Perjalanan dilanjut dengan supir yang agak tua tapi kayanya udah kawakan kali ya..professional gituu. Siplah. Ngga usah komplen, kita mulai berangkaat!
Seumur-umur baru kali ini aku ke Purwokerto lewat jalur Selatan. Jadi perjalanan hari ini bakal jadi perjalanan yang pertama kalinya nih! Pertama kali naik travel dan pertama kali lewat jalur Selatan. Karena lewat selatan, jadi ngga lewat cikampek. Tadinya mas nyangka lewat cipularang tapi ternyata ngga juga! Jadi kita lewat puncak dulu, agak sedikit macet di puncak tapi ngga apa-apa. Toh pemandangannya bagus dan udah lama juga aku ngga ke puncak.
Belom nyampe puncak, mobil udah dimasukin rest area. Ada masalah sama mobilnya. AC nya ngga jalan jadi yang paling belakang kepanasan. Aduh elah.. karena aku sama mas duduk paling depan dan mesin mobil ada di depan, tepat di bawah pantat kami, jadi aku sama mas turun dulu deh. Untung ngga lama ngebetulinnya jadi beberapa menit kemudian udah bisa lanjut perjalanan.
Pas lewat puncak, aku liat tempat-tempat yang penuh kenangan semasa sma dulu (ceilee..). dimulai dari tempat nginep bareng ipa 1 di villa rekomendasi nurmala. Aku masih inget banget waktu awal kelas 3 sma itu, ipa 1 nginep bareng di villa itu. Tapi karena aku ngga boleh nginep, akhirnya aku sama rere nyusul di hari terakhir nginep da Cuma ikut kumpul-kumpul dan pulang bareng doang. Walaupun Cuma kaya gitu, tapi menyenangkan kok! Dan masih berkesan sampe sekarang.
Terus lanjut naik terus sampai di gunung mas. Jadi inget NUSA. Dulu pas kelas x6, aku ikut jadi tim sukses NUSA x6. Hahaha. Yang berjuang sampe malem bikin bendera sama ciri khas kelas. Tapi itu semua ngga sia-sia. Toh x6 jadi kelas terbaik NUSA 2007/2008! Yeah!
Lewat dari Gunung Mas, terus naik lagi sampe Atta Awwun (masjid yang bagus banget di puncak) jadi inget, dulu sebelum masuk SMA, aku sama keluarga seriiing banget jalan-jalan ke tempat wisata alam. Ke Bandung, ke daerah sekitar puncak, ataupun Cuma ke arah Jasinga. Semuanya penuh kenangan indah.. Haha.
Pas nyampe puncak pass, udah gelap. Udah maghrib tapi masih jalaaan terus sampe ngelewatin Taman Bunga Nusantara. Ini tempat yang paling mengesankan karena di sinilah aku bisa berakrab-akrab ria dengaan MPK Oriens dan OSIS Windmill. Aku ingat saat liburan akhir kelas dua itu, MPK dan OSIS berekreasi bersama di TBN. Kami ke Alam Imajinasi (tempat main buat anak-anak). Di sinilah awal anak-anak MPK-OSIS ogah kalau naik kendaraan yang aku supirin. Kenapa? Karena pas naik mobil-mobilan di alam imajinasi ini, aku terlalu brutal. Ya pastilah, karena saat itu aku sama sekali belum pernah ngendarain kendaraan bermesin. Haha. Jadilah aku nabrak pagar pembatas jalan yang terbuat dari seng sampai bannya naik ke seng itu. Sengnya emang rendah sih jadi bisa digiles pake ban. Terus aku juga ngga ngerem pas di lap terakhir. Jadi nabrak mobil yang udah diparkir di depan mobilku. Nabraknya keras banget. Tadinya temen-temen udah nyangka aku bakalan pucet atau ketakutan karena baru aja nabrak. Tapi nyatanya aku malah tereak-tereak girang dan mereka juga jadi bersorak rame! Hahaha! :D
Akhirnya mobil stop di tempat yang.. ew.. ga jelas. Sampe lupa namanya apa tuh tempat saking anehnya. Tempatnya remang-remang. Musholanya lumayan gede tapi wcnya agak gelap. Aduh.. tapi mau ga mau harus shalat maghrib sekalian isya dulu. Terus ke wc sendirian ngeri banget. Karena kata ibu pas nyampe stopan harus makan malem, jadi harus makan di tempat itu. Sebenernya ada prasmanannya tapi kayanya hmm.. aneh juga. Jadi aku sama mas mesen soto ayam biar anget karena ac di mobil travel kenceng banget. Judulnya sih soto ayam. Tapi hasilnya kuahnya bening. Pake bihun dan ayamnya lumayan banyak lah. Tadinya ngga mau pake nasi. Tapi inget perjalanan panjang, 12 jam, akhirnya ngambil nasi juga. Rasanya lumayan enak. Enak apa laper ya? Yah, telen ajalah. Daripada masuk angin gara-gara kelaperan.
Abis makan, langsung balik ke mobil. Padahal berangkatnya masih lama. Nunggu sopirnya ngerokok dulu. Sambil nunggu sopir ngerokok, aku sama mas udah merencanakan untuk pulang naik kereta. Padahal ibu nyuruhnya kalo tesnya udah selesai siang-siang, naik travel lagi aja. Tapi aku pengen nyoba naik KRD (kereta api diesel) jadi kata mas naek kereta aja. Bilang aja tesnya lama jadi bisa pulang naek kereta. Hahaha. Ide-ide nakal mulai bermunculan. Begitulah kalau membiarkan aku sama mas pergi berdua aja. Dua-duanya berjiwa petualang jadi pasti lebih milih naek kereta! Mas cerita tentang restorasi yang baru saat itulah aku denger sebutan itu. Restorasi tuh tempat kita nnyari makan kalo di kereta. Wah, denger cerita kaya gitu jadi tambah pengen naek kereta dah!
Setelah bercengkrama (halah..) akhirnya si supir dateng juga! Dan dilanjutkanlah perjalanan ini! Lewatin daerah Cianjur, inget pas jalan-jalan sama keluarga lagi. Dulu keluargaku sering banget makan baso di rest area deket sungai citarum atau makan siang di rumah makan HM Nana. Terus pas nyampe Padalarang, jadi inget dulu aku sama mas excited banget kalo liat tempat bakar batu kapur yang lagi nyala. Apinya gedeee banget dan asepnya ngebul. Terus ngelewatin PPIPTEK di skitar situ tepat rekreasi pas SMP dulu. Waah..
Masuk ke tol Padaleunyi, mas mulai ngantuk. Emang udah mulai waktunya tidur sih. Tapi karen aku sering insomnia, jadilah kebawa-bawa sampe di mobil travel ini. Aku ngga tidur dan malah ngeliatin pemandangan di jalan tol. Pas aku liat langit, bulan lagi hampir penuh waktu itu. Terus lewatin perumahan Bandung yang asli keren banget keliatan dari pinggir jalan tol! Rumahnya warna-warni dengan latar belakang Bandung di pegunungan yang lampunya berkelap-kelip. Beeuuh! Bagus banget deh! Sayangnya ngga sempet difoto karena udah keburu lewat. Terus aku juga liat ada yang masang kembang api yang kelap-kelip gede. Waah! Indaaah banget! Pas liat kembang api itu, aku jadi inget Bibah. Rasanya persahabatan aku sama Bibah lebih indah daripada kembang api itu! Hahaha!
Sampe akhirnya keluar di pintu tol Cileunyi, mas pai terbangun kembali. Dia nanya, “Ngga tidur, Pay?” Dan upay jawab, “Belom ngantuk..” Terus mas ikutan ngeliat pemandangan, ketawa bareng ngeliat tukang tahu Sumedang yang dulu pernah dibeli pas jalan-jalan sama keluarga. Mas nunjukin gunung yang masih terlihat jelas bentuknya walaupun itu udah malem banget. Bagus deh!
Karena udah malem, ac mobil jadi terasa lebih dingin. Aku ngambil jaket yang paling deket di tasku. Karena yang ditumpuk paling atas itu jaket mas, jadi aku pake jaket mas buat nutupin paha yang terus-terusan kena ac. Ceritanya biar ngga masuk angin. Pas upay liat batere handphone, etrnyata udah tinggal dikit gara-gara dipake denger musik terus. Aku milih satu lagu terakhir yang didengerin sebelum handphonenya diistirahatin.
Saat itu, terjadilah ke-so sweet-an pertama antara kakak beradik yang sedang dalam perjalanan ini. Si mas tiba-tiba ngelingkarin tangannya gitu ke tanganku. Ngga tau kenapa. Kedinginan kali doi. Soalnya tangannya dingin banget dan terbukti beberapa saat setelah itu, tangannya jadi anget. Hahaha. Tapi berkat itu, aku jadi bisa tidur deh! Alhamdulillah, lumayan istirahat sebentar. Waktu itu udah jam sebelas malem, udah waktu biasa aku tidur..

Jumat, 23 Juli 2010
Aku bangun lagi jam dua belas malem. Udah ngga kebelibet lagi tangannya sama tangan mas. Aku bangun karena mobilnya ngerem ngegas terus. Ternyata lagi mau nyalip mobil di depannya tapi ngga bisa-bisa. Karena udah kebangun sekali, jadi ngga bisa langsung tidur lagi. Liat-liat pemandangan lagi aja deh. Malemnya udah makin gelap. Dan pemandangannya juga kebanyakan rumah penduduk kalo ngga sawah atau hutan. Yaah.. gelap semua.
Mobil berenti lagi buat ngisi bensin. Aku ke toilet. Waduh, ngga enak banget deh tuh toilet. Bersih sih tapi gayungnya pake baskom! Walhasil, celana jeansku jadi basah deh! Mas pai ngga mau turun dan malah lanjut tidur. Tadinya aku pikir Cuma mau ngisi bensin doang ke pom bensin ini. Ternyata supirnya mau istirahat juga. Yaah.. jadi lama deh berentinya. Sampe jam setengah satu baru mulai berangkat lanjut lagi.
Satu jam tertidur, aku kebangun lagi. Jam setengah dua. Udah sampe daerah Ciamis. Wah, udah lumayan deket lagi nih. Udah lagi di kotanya jadi banyak lampu jalan. Jalan rayanya sepi juga. Emang udah jam segini sih, siapa juga yang mau keluar? Kecuali ada urusan penting. Di kota ini, bareng sama mobil-mobil berplat D. Karena masih ngantuk, jadi aku tidur lagi.
Aku tidur sampe kepalanya goyang-goyang terus saking ngantuknya. Karena ngga tega ngeliat upay keganggu terus tidurnya karena posisinya ngga enak, mas nidurin kepalaku di bahunya. Satu hal yang so sweet lagi. Hahaha. Enak lho! Kan si mas gendut jadi kaya bantal. Hahaha. Walaupun lehernya jadi rada sakit tapi setelah mencari posisi yang enak, yaitu lebih ke posisi tiduran (tadinya bener-bener duduk posisinya makanya ngga enak banget), akhirnya aku bisa tidur lebih nyamanlah. Lumayan.
Ngga lama kebangun lagi karena mobilnya berenti lagi. Ngga tau mau ngapain. Yang pasti supirnya keluar dalam keadaan mesin mobil tetep nyala supaya ac nya tetep nyala. Lamaaa banget! Sampe akhirnya si supir masuk lagi dan nyuruh keluarga yang tepat di belakangku, yang daritadi muntah-muntah mulu, untuk pindah mobil karena mereka mau ke Cilacap sedangkan Diana Travel mau lanjut ke Purwokerto dulu baru ke Cilacap. Keluarga itu maunya langsung ke Cilacap, jadi pindah mobil.
Setelah bantu keluarga itu pindah mobil, baru mulai berangkat lagi. Aku tidur lagi. Pas bangun udah sampe Purwokerto. Udah lagi nganterin keluarga Fani sampe ke rumahnya. Berarti aku sama mas adalah penumpang terakhir di Diana Travel kali ini. Pas bilang rumah Om Aris di deket Baturraden, si supir bilang kalau mau dianterin sampe situ, kena biaya tambahan. Waduh, males banget deh kalo kaya gitu! Untungnya rumah Om Aris (yang bakal aku tinggalin untuk sementara waktu sebelum aku dapet kosan) masih deket ke Unsoed dan lebih tepatnya berada di daerah Pabuaran. Belum masuk jauh sampe ke Baturraden, jadi ngga kena biaya tambahan.
Sambil menuju ke rumah om Aris, ngelewatin Unsoed dulu. Lewatnya ngga Cuma di depannya. Masuk ke dalemnya juga sedikit. Pas lagi liat-liat, aku ngeliat plang FKIK yang isinya Jurusan Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi, sama Keperawatan. Tapi karena gelap, aku ngga liat ke mana tanda panahnya. Cuma liat tulisannya aja. Ngga pa-pa lah. Kan masih ada hari esok buat liat fakultasnya!
Sebelum masuk komplek perumahan Puri Intan, tempat om Aris, mas nelpon tante dulu. Minta dibukain pintu. Saat itu tepat jam empat pagi. Tepat waktu deh si Diana Travel nganterinnya! Mantap! Dianterin sampe depan rumah. Mas ngeluarin tas baju baru ‘assalamualaikum’ depan pintu rumah Om Aris. Dibukain sama mba Yati, pembantunya. Tante Li udah bangun tapi Om Arisnya masih tidur. Ya ngga apa-apa. Yang penting dibukain. Aku sama mas salim terus naro barang. Abis gitu, istirahat di sofa. Fiiuh..
Tante li: gimana ri naik travelnya?
Mas pai: wah, pantat panas! Naik travel tuh untuk dikenang saja bukan untuk diulang!
Tante li ketawa ngedengernya. Aku sama mas nunggu subuh dulu sebelum akhirnya tidur pules di kamar. Wah, beda banget rasanya tidur di mobil ama di kamar. Haha. Ya iyalah. Pastinya enakan tidur di kasur! :p
Bangun jam setengah sembilan pagi karena perut mulai keroncongan. Ke toilet dulu buat cuci muka baru sarapan pake nasi goreng. Ade-ade sepupu udah berangkat sekolah. Om Aris juga udah berangkat ngantor. Tinggal Akmal, ade sepupu yang masih bayi. Hehe. Dia lucuuuu banget! Wiii! Jadi pengen dicubit terus. Haha. Kalo disenyumin, dia ketawa deh. Jadi tambah lucu!
Abis makan, nyuci piring, baru mandi! Terus ngobrol-ngobrol. Ada bude Saroh juga jadi tambah rame. Sekitar jam sebelasan, baru mas pai mandi. Mau shalat jumat. Sebelumnya dia motongin kuku dulu, baru mandi. Rencananya dia mau ke masjid deket kantornya om aris jadi bisa sembayang jumat sama om aris. Om aris pulang dulu supaya perginya juga bisa bareng. Tapi berhubung om Aris agak lama pulangnya, akhirnya mas pai jalan duluan dan mau ke Bobosan aja, ke rumah Mbah Gede Yusuf, shalat di masjid Bobosan sama beliau. Ya udah, berangkatlah doi pake mobil karena emang ngga deket.
Aku nunggu orang-orang selesai shalat jumat dulu baru shalat zuhur. Abis shalat zuhur, makan lagi nemenin Bude Saroh makan, pake nasi yang unik! Jadi nasi itu terbuat dari campuran beras merah sama beras putih. Banyakan beras putihnya tapi tetep aja warnanya kepengaruh jadi warna merah. Rasanya juga jadi lebih enak! Sedaplah pokoknya!
Ngga lama, mas pai pulang. Disusul om aris. Mas pai cerita, dia nyasar lagi mau ke masjid bobosan. Akhirnya dia ke masjid deket kantor om Aris! Tapi mereka ngga ketemu! Haha! Selesai shalat jumat, mas pai ke Choco Klik, beli SOKLAT INYONG rasa Cinnamon. Wew! Rasanya dahsyaaaat! Hanya soklat inyong yang bisa begitu rasanya! Mantaaaaaap! Selesai makan siang dan makan soklat inyong, mas pai sama om aris berangkat jemput Jihan, ade sepupuku, yang lagi di MOS SMP. Mereka bakalan ke Baturraden nganterin Jihan dan temen-temennya outbond di BAF (Baturraden Adventure Forest). Setelah mereka berangkat, aku ketiduran di sofa deket tipi :D
Pas bangun, Jihan, Anas (adenya Jihan, ade sepupuku juga masih kelas 4 SD), Mas pai sama Om aris udah pulang! Aku disuruh tidur di kamar ama om aris tapi berhubung mas pai sam ajihan lagi nginstall the Sims, jadi ikutan maen aja dah. Sambil nunggu installan selesai, aku nonton anas maen PS2. Dia maen GTA San Andreas. Dia hobi banget main game itu. Sambil ditunjukkin tempat-tempat yang anas ngga tau sama mas pai, jadi tambah seru maennya!
Sampe sore, ngga selesai-selesai maennya. Aku laper pas sore. Jadi sebelum mandi, bikin indomie dulu empat biji karena mas pai juga mau. Hasilnya jadi sebaskom karena empat bungkus indomie soto koya langsung disatuin. Aku langsung makan sampe lumayan kenyang, baru mau mandi. Kalo mandi duluan, takutnya masuk angin. Padahal kan aku harus jaga kesehatan sampe besok biar pas tes ngga keganggu.
Abis maghrib, tante li sama om aris ke klinik. Aku, mas pai, jihan, sama anas main lagi. Hahaha. Mas pai malah molor. Aku nonton anas sama jihan main. Sedikit-sedikit bantu Jihan main the sims karena dia belum begitu mahir main the sims 3. Dia bisanya main the sims 2. Sampe jam sembilanan, baru om aris sama tante li pulang.
Terus mereka ngajak makan nasi goreng bandung. Semuanya stuju. Berangkatlah jam sembilan malem itu ke tukang nasi goreng bandung d pinggir jalan, persis di depan Unsoed pusat. Mesennya pada aneh-aneh. Ada yang ngga mau pake telor, ada yang mau telornya diceplok, ada yang mau telor dadar, akhirnya nulis pesenennya jadi kaya nulis rangkuman deh. Pake cabang begitu. Hahaha. Yang kebagian disuruh nulis tuh aku. Kata om aris sekeretaris. Hahaha. Tau aja dia. Terus dia nyuruh nulisnya jangan pake tulisan dokter dulu, ntar ngga kebaca katanya. Haha. Siplah. Sambil nunggu pesenan, Jihan nanya ke aku.
Jihan: mba, nanti kalo kuliahnya di sini, deket banget ya, tinggal lurus doang dari Puri Intan.
Upay: ya emang tinggal lurus doang kalo di unsoed sini. Tapi kan kampus upay deket margono.
Jihan: emang iya mba?
Mas pai: iyalah. Ntar susah dong kalo ngga nempel sama rumah sakit margono-nya.
Om aris ketawa dengernya. Terus ngga lama, nasi gorenya dateng. Lumayan enak. Tapi masih lebih enak nasi goreng Wandi sih :9 Ngga apa-apa. Yang penting perut kenyang! Aku mesen nasi goreng babat. Beda sama yang lain yang mesen nasi goreng spesial. Kecuali mas pai, nasi goreng kambing, dan om aris nasi goreng pete. Mm! Sedaaap!
Setelah makan nasi goreng, om aris ngajak ngeliat kampusku di deket RSUD Margono Soekardjo. Woow! Kampusnya keren! Masih baru! Gerbangnya keren banget! Nama jalannya itu Jalan Medika. Bener-bener ada di belakang rumah sakit. Nempel gitu jadi gampang kalo praktikum. Asiiik!
Dari FK Unsoed, lanjut naek terus sampe Baturraden. Dingiiin banget udaranya! Bude Saroh seneng banget diajak keliling Baturraden. Pas perjalanan turun dari Baturraden (Baturraden tuh tempatnya cukup tinggi. Naek gunung!) pemandangannya baguuus banget! Kota purwokerto keliatan berkelapkelip. Indah banget! Sampe di Puri Intan lagi jam sebelas. Langsung sikat gigi, shalat isya, terus tidur sama Jihan, Bude Saroh, dan Mba Yati. Waah..enak nih tidurnya. Perut kenyang ditambah baru aja liat pemandangan indah, jadi nyenyak deh! Fiuuuh!

Tidak ada komentar: