One Day in Purwokerto (Trip to Pwt part 2)

Sabtu, 24 Juli 2010
Bangun pagi-pagi jam ima terus shalat subuh. Today is the test day! Hari ini psikotes ama tes kesehatannya! Abis shalat, nunggu sarapan dibuat sambil ngobrol-ngobrol sama keluarga dan nonton tv. Karena sarapannya ngga jadi-jadi (yang jadi baru bihun doang. Kan ngga kenyang kalo makan bihun doang), aku mandi aja dulu. Mumpung kamar mandi kosong.
Abis mandi baru jadi nasi goreng beras merah! Wiih! Mantap banget! Ditambah bihun sama telor jadi makin sedap! Setelah pakai baju tapi belom pake kerudung, aku makan dulu. Baru deh pake kerudung dan siap-siap berangkat. Ke sananya pake mobil dinas Om Aris. Hehe. Nunggu mas pai selesai siap-siap terus pamit. Aku didoain biar sukses dan lancar tesnya sama semua orang. Wow! Alhamdulillah! Jadi kaya mau SNMPTN lagi! Padahal mau psikotes doang. Hehehe. Tapi ngga apa-apa. Semoga lancar! Amiin!
Berangkat jam setengah tujuh padahal mulai tes jam setengah delapan! Sebelum ke Margono, jemput Mba Pipit (sodaraku yang lulusan Farmasi Unsoed) di rumahnya, daerah Bobosan. Sampe di rumahnya Mba Pipit, aku salim dulu sama Bude Hartini. “Selamat yaaa! Alhamdulillahirabbilngalamiin!” ujarnya sambil aku salim dan cipika cipiki. Aku nyengir, “Iya.. Makasih! Alhamdulillah..” Terus ada Mbah Gede Yusuf juga baru aja sarapan. Salim juga sekalian mau pamit langsung berangkat.
Tadinya mba pipit mau disuruh duduk di depan. Tapi dianya ngga mau. Jadi aku lagi deh duduk di depan di samping mas pai. Dia yang nunjukin jalan ke Margono dari Bobosan. Ternyata cukup puyeng juga. Banyak belokannya. Banyak lampu merahnya. Haha. Tapi cukup menyenangkan mengingat aku bakal ketemu temen-temen baru di sana!
Sampai di Medica Street (alias jalan Dr. Gumbreg, Berkoh, alamatnya RSUD Margono), langsung parkir di halaman rumput tempat parkir tamu. Ok! Terus ditunjukkin gedungnya sama mba pipit. Harus bayar dulu Rp120000,00 buat biaya psikotes ama tes kesehatan. Mba pipit nganterin aku bayar.

Mba pipit: namamu siapa, pay? (kayanya dia lupa karena keseringan manggil upay. Haha)

Upay: ulfah

Mba pipit: ulfah... iztihar.. izti...

Upay: izdihar. Susah emang (terus ketawa bareng)

Mba pipit: tuh paling atas sendiri namanya!

Aku nyengir pas maju sampe depan antrian dan bener-bener ngeliat surat registrasiku ditaruh paling atas dan namaku ada di urutan pertama dalam absen Kedokteran Umum! Wooow! Ada perasaan senang, puas dan bangga liatnya. Padahal sih kayanya itu ditentuin dari nomor peserta SNMPTN. Tapi seneng aja. Seumur-umur baru kali itu upay dapet absen nomor satu!
Aku dikasih dua kertas form. Harus ditandatangin sama orang tua atau wali. Wah, aku gelagapan, “Ama mas pai ngga apapa ya, mba pipit?” “Iya, ngga apa-apa. Santai aja pay..” Dia sampe ketawa ngeliat aku gugup. Bayarnya jadi Rp127000,00 karena sekalian beli materai buat surat yang harus ditandatangin wali itu. Suratnya dua. Yang ada materainya harus dibalikin ke Unsoed, yang ngga bermaterai, boleh dibawa pulang. Setelah bayar, aku ngasih suratnya ke mas pai sekalian ngasih pulpen Boxy-ku. Dia ngisi formnya terus yang ada materainya aku kembaliin ke mba adminsitrasi. Setelah itu baru deh dianter mba pipit ke ruangan di lantai 2 untuk nunggu mulai tes.
Pas lagi nunggu, tiba-tiba ada perempuan ngajak mba pipit kenalan. Dia nyangka mba pipit juga baru mau masuk Unsoed. Hahaha. Akhirnya kenalan sama aku juga. Namanya Riska, dari Jogja, Kedokteran Umum juga. Waah! Dapet temen baru! Dia juga kenalan sama mas pai. Dia mau protes karena BOPP FK Unsoed lumayan mahal bagi dia. “Kan kita lewat jalur SNMPTN! Harusnya lebih murah, ya!” ujarnya semangat. Aku Cuma nyengir karena toh sebenernya PTN lain juga mahal-mahal. Segini sih lumayan daripada BOPP dari Ujian Masuk Unsoed yang hampir mencapai sembilan angka.
Jam delapan, para staf Unsoed mulai mondar-mandir naro soal di ruang kuliah yang bakal dijadiin ruang tes. Tapi namanya juga orang jawa, mereka jalannya pelan-pelan dan santai aja. Padahal udah jam delapan. Udah lebih setengah jam dari apa yang ditulis di pengumuman SNMPTN. Dan itulah enaknya jadi orang jawa. Santai ajalah! Ngapain juga terburu-buru. Toh sehari tetep 24 jam setiap harinya kan? Hahaha. :p
Setelah soalnya udah masuk, baru yang mau tes boleh masuk. Sebelumnya absen dulu. Aku bareng Riska. Pas diabsen, mas yang jagain abesn bilang, “Inget-inget ya nomor peserta kalian itu yang nomor absen!” Pas aku liat nomor absenku: KU-1. Yang artinya Kedokteran Umum nomor urut 1. Waah! Semoga seterusnya aku tetep bisa jadi yang nomor satu atau seenggaknya yang teratas di sini ya Allah! Amiiin ya rabbal alamiin! :D
Setelah absen, baru duduk di kursi kuliah yang ada mejanya gitu. Persis kursi NF. Untuk Kedokteran Umum, dua deret kursi yang paling kiri. Aku duduk di tengah. Ngga depan amat ngga belakang amat juga. Nunggu semuanya masuk dulu, baru psikotesnya dimulai.
Tes pertama tuh pengetahuan umum. Wah, ditanya jarak Jakarta-Surabaya segala. Ada juga pertanyaan diameter uang logam. Karena ngga tau, ngasal aja. Eh, ngga pake sistem nilai minus kaya di SNMPTN kan? Haha. Terus yang kedua mirip sama TPA di SNMPTN. Tes ketiga dan keempat hitungan dan deret. Ok deh. Dilanjut sama tes berikutnya disuruh bikin gambar persis banget kaya psikotes di smansa. Suruh ngelanjutin 8 gambar di kotak, terus suruh gambar manusia. Aku gambar chara komik aja sekalian. Haha. Terakhir, disuruh milih salah satu dari dua pernyataan dalam satu soal. Soalnya ada sekitar 200-an lebih. Wew.. cape juga bacanya.
Di tengah tes terakhir, barisan paling kiri disuruh turun dulu buat tes kesehatan. Wah, enak juga nih jadi ngga usah ngantri. Udah diatur! Karena aku duduk di barisan kedua dari kiri, aku belum turun dulu. Terus mas yang ngawas psikotes bilang, kalo tes terakhir ini selesai, abis tes kesehatan boleh langsung pulang. Wah, aku jadi semengat ngerjainnya secepet yang aku bisa. Biar cepet selesai! Lagian aku udah pernah tes kaya gini di smansa! Jadi udah lumayan apal juga. Haha. Pas kebagian tes kesehatan, psikotesku udah selesai. Jadi aku langsung beres-beres dan turun ke bawa buat tes kesehatan.
Nyampe di bawah, aku ketemu mas pai sama mba pipit yang baru aja selesai pertemuan wali. Aku nitip tas sama mas terus dikasih kertas sama mas petugas tes kesehatan. Kertas itu yang bakalan diisi data kesehatanku nanti. Aku Cuma ngisi nama sama nomor SNMPTN-ku aja. Terus aku diukur tinggi sama berat badan. Anehnya, pas diukur, hasilnya beda banget sama pas diukur sama ibu di rumah waktu mau registrasi IPB! Di rumah, tinggiku 1,59 dan beratku 70. Tapi pas dites lagi di Unsoed, tinggiku ciut jadi 1,54 dan beratnya Cuma 61! Waduh! Terus pas diukur tensinya juga Cuma 110/60! Padahal aku udah sarapan, sama sekali ngga pusing atau lemes kaya kurang tekanan darah gitu! Hahaha! Terus mas yang meriksa tensi nanya, “Kamu dari mana?” Terus aku jawab, “Dari Bogor, mas..” “Wah, jauh banget..” ujar mas itu, “Bogornya di mana?” Wew, aku ragu jawabnya. Tapi akhirnya kau jawab aja jujur, “Di Pagelaran..” “Wah, ngga tau..” ujar si mas sambil nyengir. Aku juga ikutan nyengir. Itulah sebabnya aku ragu. Aku ragu si masnya tau bogor apa kagak. Ternyata emang ngga tau kan. Cuma basa-basi doang beliau. Hahaha. (Eh! Aku sok tau banget ya! Manggilnya mas-mas aja! Kalo ternyata dia dosen gimana?! Abis masih muda sih keliatannya! Gawaaaat! Hahahahahahaha!)
Selesai ditensi, ternyata harusnya tadi aku absen dulu! Waduh! Berhubung udah kepalang dites, ya lanjut aja deh. Aku masuk ke ruangan gitu. Di situlah tes buta warna berlangsung.

Mba petugas: dari mana?

Upay: dari bogor..

Mba petugas: wah, jauh ya.. Kenapa milih di sini?

Upay: soalnya mau masuk kedokteran..

Mba petugas: (ketawa) iya.. kenapa milih kedokteran Unsoed? emang milih di SNMPTN nya gimana?

Upay: FK Unsoed terus yang kedua FK Unpad

Mba petugas: wah, kok gitu?

Upay: oh, soalnya di sini banyak sodara..

Mba petugas: di mana aja sodaranya?

Upay: ada yang di bobosan...

Mba petugas: kenapa ngga di bandung?

Upay: ngga ada sodara..

Mba petugas: wah, kamu nakal ya, jadi harus diawasin sama sodara..

Upay: (nyengir tertuduh..)

Mba petugas: ya udah, kamu pernah sakit keras ngga?

Dimulailah wawancara kesehatan. Aku Cuma bilang mataku alergi debu karena emang aku ngga pernah sakit berat. Keluargaku juga ga ada yang diabetes ataupun sakit jantung. Terus ditanya minus kacamataku. Baru deh mulai tes buta warnanya. Awalnya masih gampang karena aku udah pernah liat model tes buta warnanya di internet. Terus ada yang Cuma garis doang dan aku disuruh nunjukkin garisnya jangan sampe keputus. Bisa sih. Sayangnya ada satu yang buat aku ngga bisa. Sebenernya bisa bentuk angka tapi ngga nyambung gitu. Aneh deh. Jadi aku bilang aja ngga tau dan mbanya juga ngga protes. Selesai tes buta warna, udah deh, aku disuruh keluar.
Sebelum pulang, aku absen dulu. Kebalik. Haha. Harusnya pas dateng absen. Tapi berhubung lupa, jadi pas pulangnya baru absen. Ngga apa-apalah. Yang penting absen! Terus aku langsung nyamperin mas pai sama mba pipit. Pulang deh! Kan psikotesnya udah selesai dan tes kesehatannya juga beres! Alhamdulillah!
Terus mba pipit nanya mau makan siang dulu apa ngga. Aku dengan semangat menjawab, “Mau beli coklat INYONG!” Niatnya jadi oleh-oleh buat Bibah, Ines, sama Nunuy. Akhirnya mba pipit menyarankan makan di MP karena di resto itu dia pernah liat coklat Inyong. Ehm, ngomong-ngomong, coklat Inyong itu oleh-oleh khas Purwokerto yang rada elitan daripada sekedar mendoan, getuk gorang, atau klanting. Haha. Nama aslinya adalah SOKLAT INYONG, OLIH-OLIH KHAS BANYUMASAN. Begitu yang tertulis di kemasannya. Dibungkus pake kertas nasi. Logonya adalah gambar Bawor, tokoh Wayang. Sangat unik dan mahaaal. Hahaha. Tapi ngga apa-apa. Yang penting ada oleh-oleh! Eh.. olih-olih ya..
Tadinya aku udah berpikir, wah hebat juga di Purwokerto ada MP alias Makaroni Panggang. Mantap dah. Tapi beberapa saat setelah menyarankan, mba pipit bilang, “Tapi ya makanannya khas Jawa gitu..” Nah lho.. Jadi bingung kan? Makaroni Panggang jelas makanan khas Italia sono. Emang ada makaroni khas Jawa?! Wadduh..
Ternyata, eh, ternyata setelah nyampe di resto tersebut, barulah jelas bahwa MP itu bukan singkatan dari makaroni panggang. Melainkan singkatan dari Merah Putih. Alright. Yang penting makan. Udah laper. Restonya bergaya Jawa jadul. Rumahnya juga rumah tua. Bagus deh! Terus pas aku liat ke kasir.. wuuush! Langsung terlihat jelas cokelat Inyong dengan bungkus nasinya. Sip deh! Ntar abis makan beli coklat Inyong!
Aku mesen nasi Banyumasan sama Capuccino+Oreo float. Mas pai mesen nasi serayu begitu perasaan namanya. Lupa! Terus minumnya air putih doang dia. Mba pipit mesen nasi goreng edan-edanan sama jus jeruk. Terus dikasih appetizer, kripik jagung. Mantap!
Semua pesanan datang bersamaan. Minuman berikut makanannya. Nasi banyumasan-ku mantap banget! Lauknya banyak! Nasinya nasi putih biasa. Lauknya ada sambel goreng ati ampela, abon, tempe dikecapin, kentang goreng, telor sama rendang daging.. Wiiih! Sedap lah! Nasi goreng mba pipit banyak banget. Udah gitu banyak cabenya dan hot plate. Dia tercengang dan sebelum makan udah nyerah duluan, ngga bakal bisa ngabisin sendiri. Makanan mas pai ada lelembutnya.. eh.. lembutan.. Maksudnya ikan yang kecil-kecil digoreng jadi garing dan gurih itu! Kalo lelembut artinya makhluk halus ya.. :p
Mba pipit nyuruh aku nyobain nasi gorengnya. Berhubung aku udah kenyang sama nasi banyumasan, akhirnya nyobain sesendok aja. Dia Cuma makan setengah piring dan sisanya mas pai yang ngabisin. Terus pas bayar, mas pai ditahan sama mba pipit ngga boleh bayar. Padahal aku udah ngambil banyak coklat Inyong. Jadi ngga enak. Haha. Kirain mas pai yang bayar. Ampun, mba pipit! Makasih banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak! :D
Abis makan, disuruh pulang dulu sama Om Aris karena mobil dinasnya mau dituker sama yang baru. Hahaha. Mba pipit ikut ke rumah Om Aris. Istirahat dulu di sana. Rencanya setelah mobilnya diganti, mau ke kebun strawberry di daerah Purbalingga. Ok deh! Siiip!
Sambil nunggu mobil, mas pai ngajak ke stasiun buat beli tiket pulang besok. Aku mba pipit, jihan, sama anas ikut ke stasiun. Sampe di stasiun, turun semua padahal yang mau beli tiket Cuma dua orang. Mba pipit sampe ketawa geli ngeliatnya. Haha. Sebelum beli, liat papan pengumuman harga tiket dulu. Wah, ternyata kalo dari Purwokerto, banyaknya kereta siang. Soalnya ngga ada yang start dari jakarta. Paling startnya dari Solo atau Jogja. Di Purwokerto Cuma transit aja sekalian naikin penumpang. Rencanya mau naik Sawunggalih yang bisnis biar ngga mahal-mahal amat. Purwojaya adanya agak malem.
Mas pai yang ngantri di loket. Pas nyampe dan nanyain keretanya, eh tiketnya udah pada abis. Sisanya tinggal Taksaka Pagi. Dibilang pagi juga sebenernya jam 12.38. ya udahlah, ngga apa-apa daripada ngga pulang atau naik travel? Iiidiiih! Ogaaaah! Mendingan naik Taksaka dong! Eksekutif! Walaupun lumayan mahal. Rp480000,00 berdua. Biarinlah. Yang penting enak! Eksekutif gituuu! :D



Nyampe di rumah om aris, eh mobil barunya belom nyampe juga. Sampe sebelum ashar baru deh nyampe. Kita pada shalat dulu. Aku mandi sore dulu jadi paling lama deh. Ditungguin sama mba pipit dan jihan yang ketawa-ketawa ngeliatin aku yang make kerudungnya rada asal gara-gara terburu-buru.
Aku, mas pai, mba pipit sama jihan naik mobil yang lama. Yang Xenia item. Yang diganti tuh yang avanza tadinya silver diganti jadi item juga. Hahaha. Perjalanan ke Purbalingga cukup jauh. Tapi asik! Pemandangannya bagus! Kalo di Jawa rasanya mata adeeeeem banget karena masih banyak sawah jadi rasanya ijooo terus! Sejuk!
Ngelewatin Owabong, waterboom nya Purwokerto (mantep kan di Purwokerto ada waterboom juga!) terus ngelewatin tempat KKN-nya Mba pipit juga. Namanya desa Mrebet. Katanya di sana mba pipit ngajarin orang-orang desa biar ga buta huruf! Waah! Seru banget! Nyampe di Serang alias di daerah yang udah banyak kebun strawberrynya, kita mulai buru-buru. Bukan karena biar cepet nyampe tempat kebun strawberry rekomendasi om aris, tapi karena takut bensinnya keburu abis! Hahahaha :p
Kita nanjaaak terus sampe deket ke shelter terakhir sebelum ngga ada jalan mobil lagi, alias udah nyampe start-nya rute orang-orang buat ngedaki Gunung Slamet! Wiii! Pemandangannya baguuus banget! Adeeem juga! Terus banyak papan-papan penunjuk jalan yang dibuat sama mahasiswa FKIK Unsoed yang pada KKN di sini! Jadi ngebayangin ntar gimana kalo aku kebagian KKN di sini yaa... :D Sambil jalan menuju puncak (laah kok jadi kaya AFI. Hahahahahahah) kita ngobrolin tentang shelter-shelter pendakian buat ke puncaknya Gunung Slamet. Kata mas pai nama shelternya dinamain sama nama yang serem-serem. Ada yang namanya shelter Kuntilanak, Pocong, dsb, karena emang di sana ada makhluk itu katanya. Kata mba pipit ada juga yang namanya shelter apa mayat gitu.. karena tempat itu sering dipake tempat peristirahatan buat bawa mayat orang yang meninggal di puncak gunung slamet. Woooww.. serem juga ya.. Tapi kayanya kalah sama pemandangan bagus di sini! Hahahaha. Ngga tau sih kalo malem.. Serem kali ya emang.. heuu..
Nyampe deeeeket lagi ke shelter terakhir, ada mobil pak RT! Wadoooh.. Mobil pak RT itu pake toa sambil nyarin berita-berita buat warganya. Ngajak kerja bakti, posyandu, dsb,dsb,dsb. Jalannya perlan-pelan pula! Ya iya sih. Kalo cepet-cepet ntar ngga kedengeran dong ama warganya. Mobil yang kutumpangi sama mobil om aris jadi ngikut iringan di belakang mobil pak RT! Laah.. berasa jadi voorijder (baca:voraider; iring-iringan polisi yang biasanya mengawal orang penting itu lhoo) pak RT! Hahaha.
Nyampe di pengkolan, berenti tuh pak RT! Yah elaaah.. mau ngga mau jadi muter balik deh kita! Akhirnya ngga nyampe batas jalan mobilnya gara-gara kehalangan mobil pak RT. Kita turun lagi deeh nyari kebon-strawberry-petik-sendiri yang deket aja.
Setelah parkir, kita kleuar rame-rame terus metik strawberry deh! Asiiik! Kebonnya luas! Mantaaap! Masing-masing orang, kecuali mas pai karena dia jadi potograper hahaha, dapet satu kantong plastik besar buat naro strawberry yang udah dipetik. Ini foto aku sama mba pipit! :D



Karena anas itu otaknya selalu iseng, maka semua strawberry yang udah dipetik orang-orang, harus disetor ke dia supaya kantongnya berisi tapi dia ngga usah cape-cape metik. Ya ngalah ajalah. Namanya juga anak-anak.



Di kebon strawberry, kita juga poto-poto tapi berhubung potograpernya kurang handal, jadi banyak yang rada ngeblur. Yah, bukan total kesalahan si potograper tapi emang objek potonya juga pada goyang-goyang mulu jadi blur. Hahahaha :p



Setelah puas metikin strawberry, kita pulaaang! Tante li yang nimbang plus bayar strawberry-nya karena emang ngga ada yang mau dibungkusin. Hahaha. Anas pindah ke mobil xenia item, alias mobil tempat mas pai, aku, jihan, dan mba pipit. Waah! Jadi tambah rame deh kalo ada anas! Dia duduk paling depan. Make seat belt tapi ngga duduk. Dia berdiri! Akhirnya jatoh dia dan malah ketawa-ketawa semua jadinya termasuk dianya. Hahahaha.
Karena udah maghrib, kita berhenti dulu di pom bensin sekalian ngisi bensin. Aku ke toilet dulu sama mba pipit baru sembayang. Selesai semuanya sembayang, jalan lagi. Kita makan malem di kedai Soto Sokaraja! Wiiiih! Mantaaap! Aku mesen soto babat. Enaaak! Ditambah teh botol jadi tambah mantap!
Abis makan, pulaaang! Nyampe rumah, aku sama jihan langsung maen The Sims dan mas pai nganterin mba pipit pulang. Aku ngantuk banget. Jadi aku sikat gigi aja terus shalat isya. Jihan masih main The Sims sampe laptopnya kepanasan dan mati sendiri. Terus dia beralih main Nintendo DS mas pai. Aku nungguin mas pai supaya kalo pulang, dia ada yang bukain pintu. Tapi lama-lama ngga tahan juga dan akhirnya ketiduran deeeh... Maap maaaas :D

Tidak ada komentar: