Going back.. Home.. (Trip to Pwt part 3)

Minggu, 25 Juli 2010
Hari ini pulang! Tapi karena keretanya baru dateng jam setengah satu siang, ntar-ntaran aja deh ke stasiunnya. Pagi-pagi beres-beres baju dulu. Terus mas pai, om aris, sama anas ke GOR Satria, mau olahraga katanya. Tadinya aku mau ikut. Tapi berhubung perempuan sendiri, males ah. Ntar ngapain dong di sana? Bengong doang? Apa bawain minum? Well, ngga jadi deh. Di rumah aja. Akhirnya aku bantuin Tante Li nyuapin Akmal sambil jalan-jalan. Banyak banget makannya Akmal! Haha! Biarin deh, biar sehat!
Pas lagi jalan-jalan sama tante li dan akmal, ngeliat Pakde Cip lagi maen tenis di lapangan dalam Puri Intan. Tapi berhubung jauh, ngga dipanggil. Setelah keliling komplek, nyampe depan rumah, makanan akmal tinggal sedikit. Terus boker dia. Hahaha. Namanya juga bayi.
Abis boker, akmal mandi. Aku masuk ke rumah. Dan ngga lama kemudian, pakde Cip dateng. Dia salaman ama mba saroh. “Lha ini siapa?” tanyanya pas aku salim. Yah elah, ngga kenal dia sama aku! Terus mba saroh jawab, “Ulfah, anaknya Eni (ibuku), adenya Fakhry (si mas)!” Baru dia ber-ooh terus duduk di sofa. Ngobrol-ngobrol sebentar, karena om aris ngga ada, dia pergi lagi lanjut main tenis kayanya.
Ngga lama kemudian om aris, anas, dan mas pai kembali. Pas banget aku lagi bikin indomie. Jadi pada bikin indomie semua. Hahaha. Karena naik keretanya masih lama, om aris berniat mau ngajak jalan-jalan dulu, liat pemandangan di sekitar baturraden sebelum ke stasiun. Wow! Sip deh! Abis makan indomie, mulai deh mandi terus pake baju, siap-siap pergi!
Berangkatnya pake satu mobil cukup karena mba yati ngga ikut. Soalnya pake mobil baru. Takutnya mba yati mabok nyium bau mobil baru. Hehe. Jadi begini uritan dalem mobil. Om aris nyupir, mas pai navigator alias di sebelah supir. Bude saroh, tante li, sama akmal di tengah. Aku, jihan sama anas di paling belakang. Aku di tengah-tengah jihan sama anas, jadi penengah biar pada kaga berantem mulu. Hahahaha.
Oh iya, jihan tuh lagi puasa. Tadi malem dia sahur pake nasi goreng bandung yang dibeliin mas pai sepulang dari nganterin mba pipit. Dia ngga mau puasa kalo sahurnya ngga pake nasi goreng. Padahal masih ada utang puasa. Hahaha. Namanya juga anak-anak.. eh.. abg ya.. yah.. begitulah... anak smp! Masih doyan makan.. (ini yang ngeblog, udah mahasiswa juga masih doyan makan.. ngaku dah..) :D *ga nyambung ya?*
Back to our trip to baturraden! Karena udah sering kalo ke baturraden lewat jalan kota, kali ini kita lewat jalan pedesaan! Wii jalannya kecil dan terjal-terjal! Harus seriing-sering ngegas full! Kalo ngga jadi tekor ntar! Haha. Tapi tantangan itu dibalas dengan suguhan pemandangannya yang wuuuuuah! Indah bangeeeet! Pengen foto tapi susah, jalanan kecil, nanti kalo berenti sembarangan, ngalangin mobil-mobil (yang biasanya ngangkut hasil tani atau hasil kebun masyarakat sono) yang lewat!
Sampe di pertigaan jalan, rada bingung. Om aris turun trus nanya dulu ama orang di rumahnya. Terus pas balik, dengan muka sumringah, dia bilang “Katanya kalo lurus itu ke KFC, belok kanan ke Pizza Hut!” Jelas ini bercanda. Mana ada KFC sama Pizza Hut di tengah gunung begini?! Hahaha. Ada-ada aja emang beliau.
Ternyata sampe ada tempat wisatanya juga di sini! Ada candi segala! Woow! Tapi berhubung udah mulai siang, jadi ngga sempet ke tempat wisata. Nanti telat naik kereta! Haha. Dari sini, Jihan udah mulai tidur. Dia ngantuk kayanya karena bangun malem-malem buat sahur. Dia sampe senderan ke pundakku. Aku sih tenang-tenang aja. Ngga berat ko. Hehe! Ade sendiri! Seneng malah!
Tapi karena anas tuh harus bikin kehebohan, dia yang tadinya udah pindah ke kursi tengah buat maen sama akmal, pindah lagi ke kursi belakang buat ngisengin kakaknya yang lagi molor. Aku berusaha sebisa mungkin biar anas ngga gangguin kakaknya. Akhirnya dia Cuma berhasil membuat jihan jadi ngga nyender lagi dan duduknya geseran sedikit. Tapi jihan tetep ngga bangun. Alhamdulillah. Setelah berhasil jail, anas pindah lagi ke bangku tengah. Begitulah...
Sampe lagi di rumah om aris sekitar jam dua belas kurang lima belas menit. Kita makan dulu pake ayam kampung goreng plus sambel dan nasi yang dimix sama beras merah itu! Wiiih! Sedaaap banget! Enaaak! Hahaha. Yang kasian Jihan ngga bisa makan siang karena lagi puasa. Abis makan, pas adzan Zuhur. Gantian shalat dulu. Baru masuk-masukin barang ke bagasi mobil dan siap berangkat ke stasiun!
Yang mau naik kereta, dua orang. Yang masuk stasiun lima orang. Jihan sama anas ikut nganterin. Kalo om aris sih emang nganterin, kan pake mobil beliau. Hehe. Sampe di Kober (keluargaku nyebut stasiun Purwokerto tuh Kober karena emang deket sama jalan Kober. Kober tuh singkatan dari Kuburan Besar katanya. Well, harusnya Koburan Besar ya? Atau Koboran Besar? Whatever deh..), keretanya belum dateng. Alhamdulillah, berarti ga telat.



Om aris, jihan, anas dan mas pai duduk nunggu di peron. Aku jalan-jalan! Baru kali ini aku masuk ke peron stasiun kober! Kan sayang kalo ngga dipake ngeliat-liat! Aku jalan ke arah kanan dari pintu masuk peron. Ada tempat nunggu lagi. Terus ada tempat petugas peron. Lanjut ada Unit Kesehatan, deket toilet, tapi masih dalam perbaikan kayanya. Yang aku seneng ngeliatnya ada musholanya! Bagus deh! Aku sempet foto stasiun kober arah pintu keluar ke Jakarta! Bagus! Ada tempat naro lokomotif juga! Wiiih! Hebat hebaaat!



Setelah puas liat-liat dan motoin stasiun, balik lagi ke tempat om aris. Duduk sebentar, keretanya datang! Wiiih! Bareng sama kereta dari arah jakarta! Keren! Tapi yang dari jakarta, bisnis. Untung ngga salah naek. Hehe. Ya ngga bakalan sih. Kan yang dari jakarta di jalur 3 dan kereta Taksaka di jalur 2! Salim sama pamitan dulu baru naik ke kereta!
Di dalem kereta, eeh.. ada emak-emak yang dudukin bangku aku sama mas! Tapi dia nyadar dan akhirnya pindah ke tempat yang seharusnya. Wuiih! Aku langsung ngeliat-liat isi kereta. Cukup luas. Duduknya ngga face to face kaya kereta ekonomi. Lebih eksklusif! Ada tvnya segala! Disediain juga kantong plastik bening di kantong jok. Entah buat kalo ada yang mau muntah atau buat sampah. Hehe. Tapi kalo buat muntah, ih jijik banget ya.. kan kantongnya transparan. Hooe..
Enaknya, dikasih bantal juga! Woow! Bisa tidur nih! Tapi aku udah bertekad ngga akan tidur karena bakalan terus liat pemandangan sepanjang jalan atau mondar-mandir restorasi! Hehehehe. Terus ada tempat minuman deket jendela. Mas langsung naro dua kaleng nestcafe original, yang aku beli dari bogor dan belum sempet diminum, di situ. Mantaaap!
Nggak lama, keretanya jalan. Tapi pelan-pelan. Wiih! Pemandangannya bagus! Seneng banget liatnya! Sampe beberapa lama, keretanya tetep jalan pelan-pelan. Aneh juga. Padahalharusnya kereta eksekutif kaya gini lari kan? Biar ngga ngaret dari jadwal kedatangannya. Ya sudahlah, tak apa-apa. Toh jadi bisa sekalian motret pemandangan alam di luar sana dari jendela kereta!



Kita mulai nebak-nebak udah sampe mana. Pas ngeliat jalanan yang biasa dilalui pake mobil (keretany lewat jalur utara), rasanya seneeeeng banget! Biasanya setiap pulang kampung, aku ngebayangin bisa naik kereta di rel sebelah jalan raya, sekarang naik kereta akan jadi kebiasaanku kalau mau pulang ke Bogor. Waaaw..
Pas lewat di jembatan yang di daerah Bumiayu, aku seneng banget! Pemandangannya baguuus banget! Dan biasanya keliatan dari jalan raya, jembatan yang sedang dilalui keretaku tuuh bagus juga! Wiiih! Keren banget deh! Mulai dari daerah sini, keretanya mulai melaju kenceng. Wiii! Tambah seneng deh!
Tapi beberapa saat kemudian, terjadi insiden bodoh. Orang di depan kursi aku sama mas mau tidur tapi bantalnya mengenai nestcafe yang udah dibuka. Jadilah tumpah kopinya. Mas pai naik pitam. Aku langsung ngacir ke restorasi buat nyari tisu.
Aku sih seneng banget bisa mengunjungi restorasi untuk pertama kalinya! Karena upay ada di gerbong 3 dan restorasi ada di gerbong 7 apa sebelas ya.. lupa. Yang pasti lumayan jauh. Tapi seneng! Melewati gerbong ke gerbong berikutnya sambil keretenya jalan! Seru banget! Sampe restorasi aku terkejut! Ternyata kecil.. ya iyalah. Kan di kereta. Kalo lebar, ntar keretanya jadi aneh dong. Gede sendiri pas di egrbong restorasi. Tapi mana bisa...? Hah, sudahlah. Aku coba ngelanjutin jalan melewati restorasi. Eh, di gerbong selanjutnya banyak petugas PJKA. Udah gitu puntu gerbongnya ada yang kebuka. Aku agak takut gimanaaa gitu mau ke situ. Mana petugas PJKA-nya ngeliatin. Mungkin dia berpikir, “Ngapain nih mba-mba celingukan di pintu restorasi?” Hahaha.
Akhirnya balik ke restorasi. Ngga niat beli makanan atau minuman, langsung tanya ke tukang jualan, “Bang ada tisu ga?”
Tukang jualan: Ngga ada mba. Adanya ini nih.. tisu basah..
Dia mengeluarkan sebungkus tisu basah kecil-kecil dari kulkas. Canggih. Baru kali ini aku liat tisu dikeluarin dari kulkas..
Tukang jualan: satunya dua rebu.
Akhirnya aku beli juga. Daripada si mas blingsatan gara-gara lengket kena kopi? Mending beli aja dah. Basah-basah dikit ngga apa-apa.
Balik ke gerbong, untungnya ngga nyasar. Si mas udah lagi kerepotan. Dia bingung ngeliat tisu yang upay kasih. Dia baca bentar bungkusnya trus langsung dibuka dan dipake ngelap sambil ngedamprat orang yang duduk di depan aku sama mas, “Bego banget tuh! Tolol!” Begitu kata-kata doi sambil ngelapin bekas tumpahan kopi.
Setelah bersih (ya lumayan dah) dia ke toilet. Terus balik lagi bawa tisu toilet. Hahaha. Dan ternyata, eh ternyata tisu yang tadi aku beli di restorasi itu adalah handuk kecil! Waah! Unik banget! Bisa dikucek, dibersihin, diperes, jadi bersih dan bisa dipakai lagi deh handuknya! Hebat! Setelah bersih-bersih lagi, aku abisin kopinya biar ngga tumpah lagi.
Abis itu, kita nyantai lagi. Si mas sampe ketiduran ngeliatin pemandangan. Aku dengerin lagu sambil nonton katv (Kereta Api TV) yang nampilin video klip waka waka nya shakira tapi ngga ada lagunya. Emang tipinya ngga ada suaranya atau dikecilin gitu. Hahaha. Jadi aku denger lagunya dari handphone, nonton videonya di katv. Hahaha.
Nyampe di stasiun Cirebon, naik penumpang lagi. Tukang jualan pun naik. Padahal harusnya ngga boleh. Akrena ini kereta eksekutif. Kalo ekonomi sih boleh bung! Jadi tuh tukang pada diusirin sama petugas PJKA. Para tukang Cuma menawarkan dagangannya sampe batas pintu kereta.
Setelah semua penumpang naik, berangkat lagi. Sampe sekitar jam setengah enam, aku kebelet pipis. Akhirnya ke toilet. Ini kali pertama aku ke toilet di kereta! Toiletnya kecil. Semuanya dari besi. Toiletnya bolong. Langsung keliatan rel. Hahaha. Abis pipis, sempoyongan karena keretanya goyang-goyang. Tapi jadi asiiik banget! Hehehe. Paling mantep deh kalo pipis di kereta! Kata mas pai “Gunakan toilet saat kereta sedang berjalan.” Ya iyalah. Kan biar aernya ngocor. Ngga jatoh pluk doang begitu ke rel ya. Hahahaha.
Jam enam, aku penasaran sama yang duduk di belakangku. Pas liat dari celah bangku, wiiih! Paha! Ngga ditutupin baju. Yah.. ditutupin Cuma dikit. Pas liat lebih jauh, ternyata bule. Wew.. pantesan aja. Terus bule yang cowok ke toilet. Mas pai spontan bilang, “Wah! Vokalisnya Creed!” dan upay langsung nyanyi With Arms Wide Open. Hahaha. Emang mirip sih. Rambut panjang, tinggi gede, gaya urakan. Hahahaha.
Sampe di Gambir jam setengah tujuh malam. Telat sejam dari jadwal yang seharusnya. Yah tak apa-apalah. Ibu sama bapak udah nunggu. Jadi kita siap pulang! Waah.. menyenangkan banget naik kereta! Sayang pengalaman naik kereta agak disingkat karena buru-buru mau dimasukkin blog nih! Mumpung koneksinya lagi cepet! oh iya! Maap banget ga sempet moto soklat INYONG! hahahaha. Udah aaaah! :D

Tidak ada komentar: