hidup gue kaya KESERET!!!

Ini jadi tulisan introspeksi buat gue sendiri karena emang ini total kesalahan gue semua. Gue ga bermaksud nyalahin siapapun atas nasib hidup gue.
Inti dari tulisan ini adalah gue BELUM DEWASA. Kenapa gue bilang gitu? Karena gue belum bisa menentukan pilihan buat hidup gue dengan mandiri. Gue masih minta turut campur orang-orang di sekitar gue buat nentuin pilihan hidup gue. Itu sebenernya ok ok aja. Tapi kesalahan utama gue adalah gue ngebiarin pilihan hidup gue ditentuin sama mereka!
Contohnya.
1.|
Pas nentuin pilihan buat jurusan USMI IPB. Gue udah ngutarain maksud gue sama orang tua. Mereka setuju pilihan pertama gue tekpang. Ok. Tapi gue sadar, gue ga pinter. Makanya yang kepikiran di otak gue adalah pilihan keduanya TIN (Tekn.Industri Pertanian). Kata babeh gue, TIN ga mau dijadiin pilihan kedua. Jadilah hati gue mencelos dan membiarkan babeh gue nentuin pilihan keduanya. Ternyata beliau milihin jurusan yang tinggi banget standarnya. Gue udah speechless dalem hati, kacau nih kalo akhirnya gue ga dapet dua-duanya. HASILNYA: gue kelempar ke pabrik nugget (tekn.pengolahan hasil ternak). Dan pas gue denger dari temen-temen dan guru bk, mereka bilang TIN ok ok aja dijadiin pilihan kedua.
-kalo pas SIMAK gue bener-bener ngegantungin pilihan sama keluara gue. Gue cuma pengen fkui saat itu. Dasar bocah sinting-
2.|
UMB. Gue udah ngasih tau mereka hasil nilai try out gue yang masih naik turun. Dan juga range nilai fakultas di UI. Yang masuk range insya Allah gue bisa masuk tuh tekling (kaka gue jelas nentang gue masuk sini. Masa samaan sih? Ntar dapet stiker UInya jadi ga variatif dong! Begitu kata doi), arsitektur, dsb.dsb. Yang sedikit tinggi tapi masih masuk range situlah (sekitar 700 lebih nilai nasionalnya) adalah fkg sama elektro. Gue udah mikir, wah seru juga kalo masuk arsi. Gue kan suka gambar. Walaupun gue ga bisa gambar perspektif dan gambar gue ga bagus banget, seengganya gue bisa nyalurin hobi jadi gue have fun nanti belajarnya. Tapi ibu nentang. Temen ibu ada yang arsitek tapi ga kerja dimana-mana. Dia bilang gue cocoknya jadi dokter atau jadi dosen. Akhirnya gue nurut. Gue juga mikir mungkin pilihan yang diridhoi orang tua lebih berkah. Ibu nyuruh gue milih fk-fkg ui. Sebelumnya gue mikir lagi mending fkg apa elektro. Tapi dua-duanya samasama susah, ya udahlah, nurut ibu. Dengan berat hati (beneran gue ada feeling ga enak banget), gue pilih sesuai apa kata ibu. HASILNYA: impian gue dari SD untuk jadi sarjana UI terbang ke langit ketujuh! Cita-cita yang udah belasan taun gue mimpiin kandas gitu aja karena pilihannya ketinggian dan yang bikin kesel adalah itu bukan pilihan real dari otak gue.
Setelah kegagalan itu dan setelah gue daftar SNMPTN pun dengan pilihan fakultas dari ibu gue, baru deh gue dapet argumen buat ngebantah ibu gue. Kalo mau jadi dosen, emang harus di IPB? Ga kan? Di arsi juga gue bisa jadi dosen kalo mau! Tapi semua terlambat. Gue ga nyalahin orang tua ko. Beneran! Karena emang guenya aja yang masih kaya bocah, harus diarahin terus sama orang tua. Sekarang gue tinggal jalanin aja hidup gue yang bagaikan keseret karena gue ga bisa mutusin pilihan hidup gue sendiri. Nikmatin aja. Gue tinggal berharap dan percaya, Allah pasti ngasih yang terbaik buat gue. Amiiin ya rabbal alamiiin!

Tidak ada komentar: